PENGENALAN KOMPONEN UI (PickerView & ListView) DAN PENGGUNAAN APPLICATION RESOURCE PADA ANDROID STUDIO
A. Praktikum Apps.1 (TimePicker)
- Buka Aplikasi Android Studio. Setelah muncul seperti ini, klik Star a new Android Studio project.

- Pilih template yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan, dan next.
- Akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Kita hanya perlu memberi nama project pada “Name” dan pilih lokasi penyimpanan project-nya akan disimpan difolder mana pada bagian “Save location”, selebihnya cukup biarkan saja. Untuk name kita bernama “TimePicker". Jika sudah, klik “Finish”.
- Setelah itu ketikan script pada activity_main.xml seperti dibawah ini :
- Untuk menjalankan Time Picker, kita ketikkan script dibawah ini pada MainActivity.java :
MAIN ACTIVITY TIME
packagedewiratnawati246.blogspot.com.timepicker;
import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity;
import android.os.Bundle;
import android.os.Build;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.TimePicker;
import android.widget.Toast;
public class MainActivity extends AppCompatActivity {
TimePicker timePicker;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
timePicker = (TimePicker) findViewById(R.id.timePicker);
timePicker.setIs24HourView(true);
Button button = (Button) findViewById(R.id.myButton);
button.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View view) {
toast();
}
});
}
public void toast() {
int hour, minute;
int currentApiVersion = Build.VERSION.SDK_INT;
if (currentApiVersion > Build.VERSION_CODES.LOLLIPOP_MR1) {
hour = timePicker.getHour();
minute = timePicker.getMinute();
} else {
hour = timePicker.getCurrentHour();
minute = timePicker.getCurrentMinute();
}
Toast.makeText(getApplicationContext(), "Time Selected : " + hour + ":" + minute,
Toast.LENGTH_LONG).show();
}
}
- Klik “Run” untuk menjalankan script diatas, maka akan tampil seperti dibawah ini :
B. Praktikum Apps.2 (DatePicker)
- Buka Aplikasi Android Studio. Setelah muncul seperti ini, klik Star a new Android Studio project.
- Pilih template yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan, dan next.
- Pada langkah ini pengisiannya sama seperti praktikum sebelumnya. Hanya saja Namanya kita ganti "DatePicker”.
- Setelah itu ketikan script pada activity_main.xml seperti dibawah ini :
- Untuk menjalankan Time Picker, kita ketikkan script dibawah ini pada MainActivity.java :
MAIN ACTIVITY DATE
package dewiratnawati246.blogspot.com.datepicker;
import androidx.appcompat.app.AppCompatActivity;
import android.os.Bundle;
import android.os.Build;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.DatePicker;
import android.widget.Toast;
public class MainActivity extends AppCompatActivity {
DatePicker datePicker;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.activity_main);
datePicker = (DatePicker) findViewById(R.id.datePicker);
Button button = (Button) findViewById(R.id.myButton);
button.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View view) {
toast();
}
});
}
public void toast() {
Toast.makeText(getApplicationContext(), "Tanggal : " + datePicker.getDayOfMonth() + "/" + (datePicker.getMonth()+1)+ "/"+ datePicker.getYear(),
Toast.LENGTH_LONG).show();
}
}
- Klik “Run” untuk menjalankan script diatas, maka akan tampil seperti dibawah ini :
C. Praktikum Apps.3 (ListView)
- Buka Aplikasi Android Studio. Setelah muncul seperti ini, klik Star a new Android Studio project.
- Pilih template yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan, dan next.
- Pada langkah ini pengisiannya sama seperti praktikum sebelumnya. Hanya saja Namanya kita ganti “ListView”.
- Setelah itu ketikan script pada activity_main.xml seperti dibawah ini :
- Untuk menjalankan Time Picker, kita ketikkan script dibawah ini pada MainActivity.java :

- Klik “Run” untuk menjalankan script diatas, maka akan tampil seperti dibawah ini :
Di Android, hampir semuanya adalah sebuah resource. Mendefinisikan resource yang nantinya dapat diakses diaplikasi merupakan bagian mendasar dari proses pengembangan aplikasi Android.
Resource dapat dipakai untuk mendefinisikan color (warna), image(gambar), layout (tata letak), menu, dan nilai string. Nilai-nilai di dalam resourceini mencegah kita dari menuliskannya secara langsung (hardcoded). Semua yang didefinisikan dapat dipanggil dari manapun didalam project yang dibuat. Contoh yang paling umum dan paling sederhana adalah penggunaan string resource untuk lokalisasi teks yang fleksibel.
E. Tugas Modul 5
- Buka Aplikasi Android Studio. Setelah muncul seperti ini, klik Star a new Android Studio project.
- Pilih template yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan, dan next.
- Pada langkah ini pengisiannya sama seperti praktikum sebelumnya. Hanya saja Namanya kita ganti "TugasModul5”.
- Setelah itu ketikan script pada activity_main.xml seperti dibawah ini :
- Klik “Run” untuk menjalankan script diatas, maka akan tampil seperti dibawah ini :
Komentar
Posting Komentar